Sabtu, 21 Februari 2009

PELAYANAN PUBLIK

Di Indonesia masalah birokrasi merupakan isu utama yang selalu diperbincangkan namun sulit menemukan jalan keluarnya.. Pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat belum maksimal dan inefisiensi. Ini disebabkan oleh sistem birokrasi yang biasanya menekankan sifat stabil, terkendali, robust. Karenanya, diterapkanlah sistem pengambilan keputusan berjenjang, command & control. Organisasi menjadi gemuk, mempunyai banyak lapis dan lamban dalam mengambil keputusan dan berinovasi. Hal ini diperparah dengan SDM yg kurang secara kualitas, sistem reward & punishment tidak jalan, visi organisasi yg tidak jelas, masalah dengan kepemimpinan, dan korupsi yang merajalela. Masalah sosial lainnya adalah masih rendahnya angka kemiskinan dan daya saing Indonesia yang lemah di tingkat Internasional. Seharusnya kita malu dengan kondisi seperti ini karena kita memiliki SDA yang berlimpah, jumlah penduduk yang besar, alam yang subur tetapi kita tidak bisa mengelolanya dengan baik. selengkapnya

Tidak ada komentar: